Senin, 13 April 2015

Kebakaran, Masjid PP Hidayatullah Karang Bugis Ludes Dilalap Api



Hidayatullah.com—Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, kabar menyedihkan datang dari Kalimantan Timur. Masjid Al Amin, yang berlokasi di komplek Pesantren Hidayatullah Karang Bugis, Balikpapan, Selasa (14/8/2012), jam 11.00 WITA habis dilalap si jago merah.

Api yang bermula dari asrama santri itu kemudian menjilat bangunan masjid yang jaraknya hanya beberapa meter. Karena hampir semua bangunan terbuat dari kayu, sambaran api itu dengan cepat melalap kubah masjid bersejarah ini.

“Kan anginnya kencang itu di Karang Bagus, apinya sangat  nyarak (berkobar.red),” ujar salah seorang saksi mata, Abdul Hajar kepada hidayatullah.com.

Menurut Hajar, api bermula dari sebuah asrama santri di samping Masjid Al-Amin milik pesantren. Lalu, katanya, api menjalar ke masjid dan merambat hingga menghanguskan beberapa bangunan di sekitarnya. Setidaknya, tiga bangunan ludes dilalap api.

“Dengan cepat api melalap kubah. Semuanya habis,” ujar Fathun Qorib, sebagaimana dihubungi hidayatullah.com.

Menurut Fathun, saat kebakaran, di areal masjid ada beberapa orang sedang i’tikaf, termasuk dirinya. Namun semuanya bisa selamat.

“Kalau bangunannya sih sudah tak tersisa. Kedatangan mobil pemadam cuma memadamkan sisa api saja,” tambahnya.

Hanya saja yang cukup menyedihkan, menurut Fathun, saat kejadian, semua santri sedang sibuk keluar untuk mengumpulkan zakat dari umat. Sementara, sampai hari ini mereka belum tahu jika semua barang-barangnya sudah ludes dilalap api.

“Ya, mereka pada belum tahu karena sedang dakwah di luar, “ tambahnya.

Fathun mengakui, masjid al-Amin termasuk masjid lama yang semua bangunanya terbuat dari kayu.

Data sementara belum ada korban jiwa. Hanya 1 santri yang di duga tertidur dalam mess sudah di temukan dalam keadaan sehat wal afiat. Saat ini lima mobil pemadam kebakaran sudah datang ke lolasi, tambah Hajar.*

Rep: Muh. Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

0 komentar:

Posting Komentar

letihkan badanmu untuk mendapatkan kenikmatan